Pahami Hal Ini Saat Membuat Web Design Untuk Website Anda!

Web design services menjadi salah satu jasa yang banyak diminati saat ini. Tidak heran, mengingat web design menjadi salah satu unsur penting dalam pembuatan website. Web design mencakup rancangan dari website yang akan dibuat. Hadirnya web design yang baik akan menjadi dasar untuk pembuatan website yang berkualitas.

Web Design

Dalam membuat web design, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan utamanya untuk yang ingin menggunakan jasa web design. Memahami hal-hal penting seputar web design akan membantu Anda untuk dapat mengetahui jasa web design yang tepat.

Hal-hal Penting Dalam Web Design

Ada banyak jasa pembuatan website  yang menawarkan jasa dengan embel-embel hasil terbaik. Namun sebelum memilih web development mana yang terbaik serta memiliki hasil berkualitas, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu hal-hal penting dalam web design yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Pahami Tujuan Pembuatan Website

Pertama yang harus dipahami adalah terkait tujuan pembuatan website. Ini nantinya berpengaruh terhadap langkah selanjutnya dalam pembuatan web design. Apakah website akan digunakan untuk media promosi, jual beli atau profile company? Tentu nanti akan menghasilkan rancangan website yang berbeda-beda.

Website untuk promosi misalnya tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan website untuk jual beli. Untuk itu baiknya lebih dahulu dipahami sebenarnya apa yang ingin dihasilkan dari pembuatan website tersebut.

  1. Analisa Kebutuhan Website

Jika sudah memahami tujuan dari pembuatan website, selanjutnya masuk ke dalam tahap analisa kebutuhan website. Dari tujuan tersebut dapat disimpulkan fitur-fitur apa saja yang nantinya akan ada di dalam website tersebut. Selain itu juga dapat dibuat menu-menu yang akan hadir di dalam website.

Kebutuhan yang lain juga harus disesuaikan misalkan kebutuhan terkait keamanan website sampai dengan rancangan database seperti apa yang nantinya dapat digunakan dalam website tersebut. Ini akan berpengaruh terhadap pemilih hosting yang akan digunakan menyimpan website nantinya.

Poin analisa kebutuhan website ini juga dapat berpengaruh terhadap step selanjutnya, yaitu terkait platform yang digunakan serta perancangan UI/UX dari website tersebut. Akan lebih baik jika hasil analisa kebutuhan website dirangkum dalam satu dokumen untuk memudahkan pengecekan hasil analisa apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

  1. Siapkan Platform yang Akan Digunakan

Selanjutnya persiapkan platform yang akan digunakan. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya web design services akan menyesuaikan platform dengan kebutuhan pengguna serta kondisi yang existing.

Seiring berkembangnya teknologi, hadir semakin banyak platform website yang dapat dipilih pengguna. Namun, memang tidak semua platform sesuai dengan kebutuhan website yang akan dibangun. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian pemilihan platform yang tepat.  

  1. Membuat Perancangan Desain UI/UX Website

Jika sudah memiliki analisa dari website yang akan dirancang sampai dengan platform yang akan digunakan maka selanjutnya masuk dalam tahap perancangan desain UI/UX. Apa yang dimaksud dengan UI/UX? UI merupakkan singkatan dari User Interface sedangkan UX adalah User Experience. Keduanya menggambarkan bagaimana tampilan dari sebuah website akan dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Nantinya dalam tahap ini akan dihadirkan desain dari website yang mudah digunakan oleh pengguna atau user. Untuk membuat UI/UX ada banyak aplikasi yang dapat digunakan. Mulai dari Adobe XD sampai dengan Balsamiq.

  1. Membuat Rancangan Struktur Website

Poin lain yang harus diperhatikan dalam pembuatan web design adalah tentang struktur website. Harus dipastikan jika website yang dibuat memiliki struktur yang baik sesuai dengan kebutuhan dari pengguna atau user nantinya. Dalam rancangan struktur website ini juga harus diperhatikan penempatan menu-menu dan fitur yang ada.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam dunia web design. Memahami web design dapat menjadi modal awal bagi Anda untuk dapat menemukan jasa pembuatan website yang terbaik, bahkan tak menutup kemungkinan untuk membuat Anda mampu membuat web design sendiri.