Mana Yang Terbaik Universitas Negeri vs Universitas Swasta?

Meskipun sudah selesai melewati UAN, perjuangan siswa akhir tidak berhenti begitu saja. Mereka harus segera mungkin menentukan kemana mereka akan melanjutkan kuliah.Jika di luar negeri, mereka dapat segera menghubungi konsultan pendidikan. Namun jika kamu berencana kuliah di dalam negeri, kamu harus rajin melakukan research sendiri.

f:id:Artikelterbaikjakarta:20210106120401j:plain

Universitas Negeri vs Universitas Swasta

Kegalauan pertama yang pasti ditemui setiap orang ialah kuliah di PTN atau di PTS. Well, dua duanya benar-benar punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih satu diantara keduanya tidak lagi sebuah masalah remeh. Sebelum salah dan menyesal nanti, kita ulas satu persatu Universitas Negeri vs Universitas Swasta di Indonesia.

Universitas Negeri

Universitas Negeri di Indonesia banyak diminati karena popularitas dan prestige. Yah, banyak beranggapan bila Universitas negeri hanya untuk mereka yang pintar. Sehingga, persaingan masuk ke Kampus Universitas besar seperti UI, UGM, ITB, ITS dan universitas lain sangatlah ketat. Calon mahasiswa harus melewati berbagai macam tahap test. Salah satunya SMPTN dan SBMPTN. Di jalur beasiswa, mereka siap tempur dalam beasiswa bidikmisi.

Karena Negeri, PTN banyak mendapat subsidi maupun bantuan dari pemerintah. Jadi wajar bila biaya kuliah di PTN jauh lebih terjangkau. PTN terkenal mempunyai akses info beasiswa yang lebih mudah. Selain itu, Akreditasi yang dimiliki oleh universitas negeri harus jelas. Setiap bidang studynya haruslah sudah mendapat pengakuan dari pemerintah.

Namun, disisi lain, PTN mempunyai kelemahan yang harus kamu kenali. Banyaknya peminat di PTN tentu saja mampu membuat persaingan mahasiswa baru sangat ketat. Selain itu, kamu harus siap-siap bersaing secara akademik dengan ribuan anak setelah resmi jadi mahasiswa. Alhasil, perhatian dosen sangatlah terbatas.

Bila kamu tidak aktif , jangan harap kamu dapat dikenal. Universitas Negeri mempunyai agenda kuliah yang lebih padat. Jadi akan sedikit susah jika kamu ingin bekerja sambil kuliah. Bahkan di politeknik negeri, mereka mempunyai system paket mirip dengan jaman SMA. Senin sampai jumat dari jam 8 sampai jam 4 ada jadwalnya tersendiri. Terkecuali jika dosen tiba-tiba berhalangan dan meminta kelas untuk dipindah di malam hari.

 

Universitas Swasta

Jika Universitas Negeri banyak dipilih dulu sebab popularitasnya, Universitas swasta terkenal sebab "kelas" yang sukses mereka ciptakan. Katakanlah Universitas Gunadharma, Universitas Kristen Petra atau Universitas Muhammadiyah Jogjakarta, Universitas Terbaik di Lampung Teknokrat. Kebanyakan universitas tersebut berhasil membangun citra elit baik dari segi gedung maupun kualitas pendidikan.

Hampir seluruh universitas swasta mempunyai bangunan-banguna modern dan fasilitas yang super komplit. Perhatian dari dosen biasanya lebih terasa karena jumlah mahasiswa yang tak sebanyak mahasiswa negeri.

Jam pelajaran di universitas swasta biasanya lebih fleksibel. Jadi bukan masalah bila kamu ingin menyelipkan kegiatan lain seperti extrakurikuler atau bahkan bekerja. Untuk masalah akreditasi Universitas negeri dan swasta bisa bersaing ketat. Namun, beberapa universitas swasta terkenal karena salah satu bidang studynya yang sangat establish. Salah satunya adalah BINUS yang popular kerena bidang study bisnis. Kekurangan universitas swasta adalah dari segi biaya. Secara global, biaya kuliah di PTS lebih mahal dibandingkan dengan PTN.

Entah kamu lebih tertarik dengan Universitas Negeri atau Universitas Swasta, sesuaikan semua dengan kebutuhan dan kekuatan yang kamu miliki. Vista Education tidak pernah lelah mengingatkan untuk mempertimbangkan jurusan yang sesuai dengan minat bakat baru kemudian mencari universitas yang sesuai. Selamat berburu Kampus!